Kepala Rupbasan Sumbawa beserta Jajarannya ikuti Webinar Forum Agen Perubahan Pemasyarakatan (The Changers).

Cetak

webi1

Sumbawa Besar - Jumat, 26 November 2021 Kepala Rupbasan Sumbawa Beserta Jajarannya mengikuti kegiatan Webinar yang di selenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dengan tema 'Fungsi Strategis Forum Agen Perubahan Pemasyarakatan Dalam Akselerasi Reformasi Birokrasi' pada ruang Teleconference Rupbasan Sumbawa. Webinar tersebut juga di ikuti oleh khususnya Para Agen Perubahan dari Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan di seluruh Indonesia.
Kasi Pengawasan Klien Atiek Meukhurniawati yang menjadi moderator pada webinar tersebut menjelaskan maksud dan tujuan webinar serta memimpin jalannya webinar. Adapun para pembicara dalam webinar tersebut, yaitu:
Bapak Kamaruddin (Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Reformasi Birokrasi , Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB) yang menyampaikan pentingnya agen perubahan dalam rangka reformasi birokrasi menjadi hal pernting sebagai bentuk peningkatan kualitas pelayanan publik dan keualitas integritas instansi. Secara umum hal ini sudah baik di terapkan pada Kemenkumham secara umum dan secara khusus pada Lingkup Pemasyarakatan pada delapan Area perubahan
Dodot Adikoeswanti (Direktur TI dan Kerjasama Direktorat Jenderal Pemasyarakatan) yang menyampaikan bahwa agen perubahan khususnya dalam lingkup pemasyarakatan berkomitmen dalam meningkatan reformasi birokrasi berdasarkan delapan area perubahan dengan mengedepankan maksud dan tujuan kepada publik. Agen perubahan diharapakan menjadi penengah dalam hubungan petugas dengan pengambil kebijakan dan juga memberikan alternatif solusi terhadap pimpinan.
Dalam paprannya juga, dodot merunut pada pembangunan Zona Integritas Tahun 2020 bahwa peran agen perubahan belum optimal terbukti dengan dari jumlah satuan kerja yang diusulkan sejumlah 681 satker, hanya 30 satker yang berhasil serta masih terdapat pelanggaran yang berulang (evaluasi Inspektorat Jenderal) karena pemahaman terkait Reformasi Birokrasi belum merata.
Webinar diisi oleh dua orang pembicara yang berkompeten di bidangnya, kemudian sebelum di akhiri di buka sesi tanya jawab sebagai bentuk bertukar pendapat dan informasi dari para peserta webinar.