social media logo facebook icon icons.com 59059     social media logo twitter icon icons.com 59061     social media logo instagram icon icons.com 59062     social media logo google icon icons.com 59074      

RSSocial!

pjimage 9

MENUTUP TAHUN 2021, KADIVPAS KEMENKUMHAM NTB AJAK OLAHRAGA PAGI BERSAMA JAJARANNYA YANG ADA DI SUMBAWA BESAR

MENUTUP TAHUN 2021, KADIVPAS KEMENKUMHAM NTB AJAK OLAHRAGA PAGI BERSAMA JAJARANNYA YANG ADA DI SUMBAWA BESAR
Sumbawa Besar- Pagi ini (31/12) Bertempat di Lapas Klas IIA Sumbawa Besar, Kepala Rupbasan Sumbawa beserta Jajarannya bergabung untuk mengikuti olahraga pagi Bersama KadivPas Kemenkumham NTB, Diawali dengan Sambutan Bapak KadivPAS Bapak Maliki, beliau menyampaikan untuk selalu tetap menjaga Kesehatan dimasa Pandemi Covid19 dengan rutin berolahraga.
Kemudian, Dilanjutkan dengan Lari Pagi Bersama diiringi yel-yel dan mars pemasyarakatan untuk menambah semangat berolahraga, serta finish di SAE (Sarana Asimilasi dan Edukasi) Ai Maja, Lapas Klas IIa Sumbawa Besar.
Akhir kegiatan, Bapak Maliki memberikan semangat kepada seluruh jajaran upt yang ada di sumbawa besar untuk selalu tidak putus asa meskipun pada tahun ini tidak meraih predikat WBK dari MenpanRb. Lebih lanjut, Beliau mengatakan akan tiba masanya untuk Memanen, Meraih WBK tersebut dengan tetap bersabar dan tulus ikhlas dalam bekerja, Niatkan sebagai ibadah dalam bekerja, Pungkasnya. Tak Lupa beliau mengajak untuk berfoto Bersama seluruh jajarannya yang ada di sumbawa.

pjimage 5

Sumbawa Besar-Kepala Rupbasan Sumbawa beserta Jajaranya mengikuti Refleksi Akhir Tahun 2021 Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Rabu (29/12/2021) bertempat di aula rupbasan sumbawa, di awali penayangan profil Kementerian Hukum dan HAM RI yang berisikan tentang sejarah, motto, serta upaya perbaikan yang dilakukan Kemenkumham dalam proses pembentukan dan penataan regulasi berkelanjutan guna mewujudkan reformasi hukum yang berkesinambungan

Dilaksanakan secara virtual langsung dari graha pengayoman Kementerian Hukum dan HAM RI, Dalam sambutannya Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly menyampaikan Refleksi Akhir Tahun ini merupakan wujud akuntabilitas dan transparansi atas pelaksanaan kinerja kemenkumham selama tahun anggaran 2021. Lebih lanjut, Yasonna mengatakan bahwa tahun 2021 merupakan tahun yg berat dan penuh tantangan, badai Covid-19 mengakibatkan krisis kesehatan dunia termasuk krisis ekonomi dan sampai saat ini belum sepenuhnya selesai. Berbagai upaya pengendalian telah dilakukan untuk menekan jumlah penyebaran Covid-19, mulai dari penyemprotan disinfektan, pemberian vitamin dan obat-obatan, vaksinasi seluruh pegawai, keluarga pegawai, dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Lebih lanjut, Yasonna menyampaikan bahwa “Kerja keras tidak akan menghianati hasil” berkat kolaborasi dan sinergi internal kemenkumham, kementerian lembaga lain, dan dukungan stakeholder lainnya, akhirnya kemenkumham berhasil menorehkan banyak prestasi sepanjang tahun 2021, antara lain yaitu Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan, 6 satker penerima WBBM dan 49 satker penerima WBK tahun 2021 oleh Kemenpan-RB. Dengan capain yang telah didapatkan sepanjang tahun 2021 ini, Yasonna menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh jajaran di Kementerian Hukum dan HAM RI atas kerja keras kita selama ini, jangan pernah berhenti membuat inovasi, bekerja keras, terus belajar, sehingga apa yang kita harapkan dari Kemenkumham sebagai pelayan publik yang memberikan servis kepada masyarakat dan negara dapat kita wujudkan secara bersama-sama.

pjimage 6

Menkumham Yasonna: Era Pandemi Memaksa Kita Bekerja dan Berpikir ‘Extra Ordinary’

Refleksi Akhir Tahun, Menkumham Tekankan Pentingnya Transformasi Digital

Jakarta – Menteri Hukum dan Ham Yasonna H. Laoly menekankan pentingnya transformasi digital untuk merespons berbagai tantangan yang muncul akibat pandemi Covid-19. Hal itu disampaikan Yasonna saat memberikan sambutan pada Refleksi Akhir Tahun 2021 Kementerian Hukum dan HAM, Rabu (29/12/2021), di Jakarta.

“Era  pandemi ini memaksa  kita untuk  bekerja dan berpikir “extra ordinary” dengan menerapkan pembiasaan baru yaitu pola kerja new normal,” ungkapnya.

Yasonna menyampaikan, sepanjang tahun 2021 Kemenkumham telah melakukan transformasi digital ke semua lini layanan publik dan administrasi perkantoran sebagai solusi di tengah kondisi yang penuh dengan tantangan akibat pandemi.

“Tujuan kita melakukan transformasi digital adalah untuk merespons cepat situasi kondisi yang muncul akibat dampak Covid-19 ini, salah satunya adalah kondisi menurunnya tingkat perekonomian masyarakat,” ujar Yasonna.

Guna mendukung pemulihan ekonomi masyarakat melalui usaha mikro dan kecil agar memiliki daya saing, kata Yasonna, Kemenkumham mengeluarkan inovasi aplikasi perseroan perorangan untuk memudahkan berusaha secara perorangan dalam membuka  usaha/investasi dan mendukung pemulihan ekonomi nasional.

“Kita juga melakukan perbaruan sistem pada pusat data nasional kekayaan intelektual komunal (KIK) untuk perlindungan kekayaan intelektual di Indonesia,” ungkapnya.

Guru Besar Ilmu Kriminologi Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) itu menuturkan, tahun 2021 adalah tahun yang berat dan penuh tantangan. Di Kementerian Hukum dan HAM, kasus pegawai terpapar Covid-19 pernah berada pada angka 7.720 dan dari angka tersebut sebanyak 63 pegawai meninggal dunia karena Covid-19.

Kemenkumham melakukan berbagai upaya untuk menekan jumlah penyebaran Covid-19, mulai dari penyemprotan desinfektan secara rutin, pemberian vitamin dan obat-obatan, memvaksinasi seluruh pegawai, keluarga pegawai, dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), serta lainnya.

“Berkat pertolongan Tuhan, komitmen, disiplin, serta kepedulian kita, dan pengendalian ketat yang dimulai dari imbauan hidup sehat, disiplin menerapkan protokol kesehatan, akhirnya jumlah pegawai terpapar Covid-19 dapat kita turunkan sampai hari ini hanya 2 (dua) orang  pegawai yang terpapar covid, 1 orang dari unit pusat dan 1 orang dari Kantor Wilayah,” ungkap Menkumham.

Beberapa sentra layanan juga diperbanyak dan dipermudah proses pelayanannya, dengan otomasi digitalisasi, sehingga meminimalisir pertemuan antarmanusia untuk cegah penularan Covid-19.

“Kebijakan pembatasan warga negara asing yang masuk ke Indonesia, kebijakan pemberian asimilasi terhadap WBP untuk mengurangi kepadatan hunian Lapas juga kita berlakukan sehingga Kemenkumham mampu mengkontribusi keberhasilan pengendalian Covid-19,” tutur Yasonna.

“Kerja keras tidak mengkhianati hasil, berkat kolaborasi dan sinergi internal  Kemenkumham, Kementerian/Lembaga lain, dan dukungan stakeholder lainnya, akhirnya Kemenkumham berhasil menorehkan prestasi sepanjang tahun 2021,” sambung Yasonna.

Adapun prestasi yang ditorehkan Kemenkumham pada tahun 2021, yakni :

  1. Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) 10 kali berturut-turut.
  1. 6 Satker Penerima WBBM dan 49 Satker Penerima WBK tahun 2021 oleh Kementerian PAN-RB.
  1. Penghargaan KPK kepada Kemenkumham atas pelaporan dan pengendalian gratifikasi.
  1. Top 25 Inovasi Pos Pengaduan di 50 Denominasi Gereja di Manokwari.
  1. Top 45 Penghargaan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) atas Layanan SIPKUMHAM dari KemenPAN dan

RB.

  1. Top 99 Inovasi Layanan Publik Aplikasi VERASI (Verifikasi dan Akreditasi Pemberi Bantuan Hukum Elektronik).
  1. TOP Leader On Digital Implementation Atas Penghargaan Top Digital Awards 2021 di Bidang Teknologi Digital (IT & TELCO) Kategori Instansi Pemerintah.
  1. Penghargaan TOP DIGITAL Awards 2021 kepada Kementerian Hukum dan HAM atas Inovasi Layanan Kekayaan Intelektual dan Layanan Pemasyarakatan.
  1. Predikat "SANGAT BAIK” pada penerapan Sistem Merit dari Komisi Aparatur Sipil Negara.
  1. Predikat Role Model Pelayanan Publik Ramah Kaum Rentan Oleh KemenPAN-RB.
  1. Peringkat I Kategori Kementerian/Lembaga Pengelola Jabatan Fungsional Kesehatan Terbaik dalam Kegiatan Pemberian Penghargaan JFK Awards Tingkat Nasional Tahun 2021 oleh Kementerian Kesehatan.
  1. Serta beberapa penghargaan lainnya.

“Saya menyadari sepenuhnya, bahwa masih ada kekurangan yang perlu diperbaiki. Perbaikan sistem dan pembaruan prosedur harus terus menerus kita update dan awasi, tujuannya untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak bisa diprediksi. Saya minta hal ini dilakukan dengan cepat dan tepat, sehingga peristiwa seperti  kebakaran, pelarian, tenggelamnya kapal tidak terjadi lagi,” pungkas Yasonna.

#HarisSukamto
#KumhamPasti
#KemenkumhamnNTB
#KumhamNTB
#KumhamNTBJuare
#KumhamNTBPastiJuare
#RupbasanSumbawa

 

RUPBASAN Klas II Sumbawa Besar terletak di Kabupaten Sumbawa Besar, Propinsi Nusa Tenggara Barat, yang terletak diantara 116" 42' sampai dengan 118" 22' Bujur Timur dan 8" 8' sampai dengan 9" 7' Lintang Selatan, tepatnya di Jalan Ki Hajar Dewantara No.12, Sumbawa Besar, di Kelurahan Pekat, Kecamatan Sumbawa. Kodepos 84315 dengan nomor telepon ( 0371) 625109

email :rupbasansumbawa@gmail.com 

 

Sampaikan kritik dan saran yang membangun kepada kami agar dapat memberikan pelayanan yang jauh lebih baik lagi

(*)
Masukan nama lengkap anda

(*)
Email yang anda masukan salah.

(*)
Ketik pesan, masukan dan kritik anda.